daftar perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan

15 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

Kelahiran buah hati adalah satu hal yang sangat dinanti-nanti oleh calon ayah dan ibu. Tak hanya memastikan kondisi ibu yang sehat dan prima menjelang hari H, papido dan mamido juga perlu mempersiapkan perlengkapan bayi untuk menyambut kedatangan si kecil.


Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Disiapkan


Menjelang kelahiran si kecil, mungkin Anda merasa senang sekaligus cemas, terutama memikirkan tentang apa saja perlengkapan bayi lakilaki atau pun perempuan yang perlu disiapkan. Pasalnya, hal-hal ini mungkin dirasa sepele namun sangat penting. Apalagi ketika sang buah hati sudah tiba di rumah dan Anda sibuk merawat dan beradaptasi dengan kehidupan yang baru, mungkin papido dan mamido akan sulit mencari waktu untuk membeli kebutuhan bayi. Untuk itu, ada baiknya untuk membuat list perlengkapan bayi baru lahir dan menyiapkan barang-barang tersebut sebelum hari H tiba agar hati lebih tenang dan fokus kepada kelahiran sang buah hati.

Lalu, apa saja sih barang-barang kebutuhan bayi baru lahir yang penting untuk disiapkan sebelum hari kelahiran? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Baju Bayi

baju bayi kikido

Bayi memerlukan baju dengan bahan lembut yang tidak mengiritasi kulit sensitifnya. Papido dan mamido bisa memilih baju bayi dengan bahan katun lembut dan tidak gatal di kulit, seperti koleksi dari Kikido. Tak hanya model baju dengan kancing depan atau selangkangan sesuai dengan kebutuhan bayi baru lahir, rangkaian baju bayi Kikido hadir dalam berbagai warna basic kekinian yang sangat lucu dan menggemaskan.

Jenis baju bayi yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Jumper / bodysuit panjang atau pendek dengan kancing di selangkangan atau bagian depan
  • Atasan kimono
  • Celana kain atau legging
  • Piyama
  • Sweater atau jaket

Anda bisa membeli sekitar 4-8 buah untuk masing-masing item baju bayi karena penting bagi si kecil untuk selalu memakai baju yang bersih agar kulitnya tidak iritasi.

 

2. Popok Bayi

popok bayi
Bayi baru lahir biasanya memerlukan ganti popok 10-12 kali dalam sehari, jadi Anda perlu menyiapkan stok popok yang cukup. Popok sekali pakai adalah pilihan praktis karena tidak perlu repot dicuci kembali. Opsi lain yang lebih hemat adalah popok kain. Jika mamido dan papido memilih untuk menggunakan popok kain, pastikan untuk membeli yang berbahan katun lembut dan tidak gatal. Pilih juga popok kain yang memiliki tali di bagian sampingnya agar lebih mudah dipakai dan tidak memerlukan peniti.

Tak ada salahnya juga untuk membeli kedua jenis popok dan mengombinasikan pemakaiannya agar bisa tetap mendapatkan manfaat hemat dari popok kain dan praktis dari popok sekali pakai.

3. Selimut atau Bedong

Ketika baru lahir, bayi masih butuh untuk dibedong atau dibalut dengan selimut agar tetap hangat dan nyaman. Untuk itu, mamido dan papido perlu mempersiapkan paling tidak 4 buah selimut bayi berbahan kain yang lembut. Sediakan selimut berbahan tipis untuk digunakan siang hari dan juga selimut tebal untuk cuaca dingin atau ruangan ber-AC agar si kecil tetap nyaman.

selimut bayi kikido
Salah satu opsi selimut bayi adalah Moochie Waffle Blanket dari Kikido. Dengan bahan cotton waffle premium, selimut ini memberikan kehangatan agar si buah hati nyaman tertidur pulas. Tersedia dalam berbagai warna cantik, selimut premium ini cocok untuk bayi laki-laki atau perempuan. Anda bisa membelinya secara online melalui website Kikido.

4. Botol Susu

botol susu

Ketika berpikir tentang daftar perlengkapan bayi baru lahir dan jumlahnya, botol susu tentu jadi salah satu barang wajib karena sangat dibutuhkan untuk konsumsi susu sang bayi, baik susu formula maupun ASI perah.

Selain botol dan dot, Anda juga butuh sikat pembersih botol. Untuk memastikan botol bebas bakteri, jangan lupa juga untuk menyediakan alat pensteril botol atau rebus botol dalam air mendidih selama 30 menit.

 

5. Perlengkapan Mandi

perlengkapan mandi bayi

Waktu mandi bisa jadi hal yang sangat menyenangkan untuk si kecil. Mamido dan papido bisa membeli bak mandi lipat khusus untuk bayi, handuk, dan juga kain lap lembut untuk membasuh bayi. Tak lupa sediakan juga sabun dan sampo khusus bayi yang punya formula lembut dan tidak pedih di mata bayi.

 

6. Perlengkapan Ganti Popok

bedak bayi

Aktivitas mengganti popok akan jadi rutinitas sehari-hari Anda loh, jadi siapkan semua kebutuhan yang diperlukan ya, mulai dari meja atau alas ganti popok, tisu basah bayi, dan bedak bayi. Ada baiknya juga untuk membeli krim popok guna mencegah ruam yang mungkin timbul karena pemakaian popok.

 

7. Gendongan Bayi

gendongan bayi

Menggendong si buah hati akan mempererat ikatannya dengan mamido dan papido, loh. Tapi, menggendong si buah hati terlalu lama mungkin akan membuat tangan Anda cepat lelah. Karena itulah, gendongan bayi jadi salah satu barang yang perlu dimiliki.

Pilih gendongan bayi sesuai kebutuhan Anda. Selain bisa membantu untuk menggendong si kecil lebih baik, gendongan dengan model dan bahan yang nyaman juga bisa membuat si kecil semakin betah dalam dekapan Anda.

 

8. Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi yang aman sangatlah penting untuk disiapkan. Pasalnya, karena waktu tidur bayi yang baru lahir sangatlah panjang, dia akan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur. Anda bisa memilih ranjang bayi (crib) atau pun alas tidur, seperti Bambina Baby Nest dari Kikido ini.

tempat tidur bayi kikido 

Tempat tidur bayi ini terdiri dari kasur empuk dan bantal menggemaskan dilengkapi dengan desain tepian yang nyaman dan aman untuk newborn. Dibuat dari bahan katun catra premium yang akan membuat tidur bayi semakin pulas dan lelap.

 

9. Kelambu

kelambu bayi

Tinggal di negara tropis membuat kita harus waspada akan gangguan serangga, seperti nyamuk, lalat, dan sebagainya. Karena itulah, agar waktu istirahat si kecil tidak terganggu, ada baiknya untuk menyediakan kelambu. Anda bisa menyesuaikan ukuran kelambu dengan ukuran tempat tidur bayi.

 

10. Deterjen Bayi

deterjen bayi

Karena kulit newborn masih sangat sensitif, maka deterjen yang digunakan tidak bisa disamakan dengan jenis yang Anda gunakan sehari-hari. Pasalnya, deterjen biasa mengandung bahan-bahan kimia yang bisa memicu alergi dan iritasi pada kulit bayi.

Deterjen khusus untuk bayi biasanya terbuat dari formula lembut dan tidak mengandung pewangi berlebihan. Formulanya juga terbilas sempurna serta tidak meninggalkan residu di serat kain sehingga lebih bersahabat untuk kulit sensitif si kecil.

 

11. Kaus Kaki, Sarung Tangan, Topi

kaos kaki bayi, sarung tangan bayi

Selain baju bayi, beberapa item pakaian juga perlu disiapkan untuk kenyamanan sang buah hati. Kaus kaki, sarung tangan, dan topi adalah perlengkapan bayi baru lahir yang bisa membantu memberikan kehangatan dan kenyamanan. Tak hanya itu, item fashion ini juga bisa dipadupadankan agar si kecil semakin tampil menggemaskan di kamera atau ketika teman dan kerabat Anda datang berkunjung.

 

12. Tas Bayi

tas bayi

Semua perlengkapan tadi tidak lengkap tanpa tas bayi. Ya, Anda membutuhkan tas bayi untuk membawa perlengkapan si kecil dengan praktis ketika bepergian. Beberapa tas bayi dilengkapi dengan kompartemen pendingin (cooler) untuk menyimpan ASI perah. Jadi, pilihlah tas bayi sesuai kebutuhan Anda ya.

 

13. Obat-Obatan Bayi

obat-obatan bayi

Calon orang tua pasti mengerti betapa pentingnya mempunyai obat-obatan untuk mewaspadai jika si kecil sakit. Sediakan obat untuk gejala yang umum terjadi, seperti demam atau kolik. Jangan lupa untuk konsultasikan dulu dengan dokter ya, soal jenis dan merek obat apa yang aman.

 

14. Mainan Bayi

mainan bayi

Mainan untuk bayi terutama bayi newborn tak membutuhkan fitur yang terlalu rumit. Mainan seperti kerincingan sudah cukup merangsang indra bayi yang masih dalam tahap awal pertumbuhan. Jangan lupa untuk memilih mainan yang aman digunakan bayi agar terhindar dari risiko berbahaya seperti tersedak atau tertelan, ya.

 

15. Stroller Bayi

stroller bayi

Meskipun bayi newborn belum boleh sering dibawa ke luar rumah, mamido dan papido bisa mempertimbangkan untuk memiliki stroller. Selain berfungsi untuk dipakai jalan-jalan sore mencari udara segar atau berjemur pagi hari di teras, stroller bayi juga berguna agar si buah hati bisa beristirahat dengan nyaman meski di luar rumah.

Nah, itu dia daftar perlengkapan bayi yang perlu Anda siapkan sebelum kelahiran si kecil. Meskipun terlihat sangat banyak, sesuaikan juga dengan kebutuhan dan bujet ya. Misalnya, jika stroller dirasa belum perlu, Anda bisa melewatkan barang tersebut dan beralih ke kebutuhan yang lain. Lain halnya dengan popok, baju bayi, botol susu, dan sebagainya yang memang wajib untuk dimiliki.

Dan yang tak kalah penting, persiapkan fisik dan mental mamido dan papido dalam kondisi terbaik untuk menyambut sang buah hati kesayangan, ya. Selamat menjadi orang tua baru!

Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.

Recommender for you

1 of 12