25 Inspirasi Kado Bayi Perempuan dan Laki-laki yang Bermanfaat

25 Inspirasi Kado Bayi Perempuan dan Laki-laki yang Bermanfaat

Momen kelahiran bayi baru sangatlah istimewa. Kehadiran sang buah hati tentu saja tidak hanya membawa suka cita bagi ayah dan ibu, tetapi orang-orang di sekitar juga merasakan hal yang sama, lho.

KETIKA menjenguk bayi baru lahir, Anda biasanya mengungkapkan ucapan selamat atas kelahirannya dengan memberikan sebuah kado. Terkadang, pemilihan kado untuk bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah. Banyak waktu mungkin dihabiskan karena bingung memilih kado yang tepat dengan beberapa pertimbangan, mulai dari manfaat hingga harga yang sesuai dengan budget. Sebaiknya, utamakan kebutuhan dasar peralatan dan perlengkapan bayi terlebih dahulu yang pasti bermanfaat bagi penerima kado.

Kira-kira, apa saja kado untuk bayi baru lahir yang bermanfaat? Tenang saja, kami sudah merangkum dua puluh lima inspirasi pilihan peralatan dan perlengkapan bayi berikut ini!

1. Pakaian

 

jual pakaian bayi, baju bayi, baby clothes kikido

 

KIKIDO X AYLA Wynter Tencel Long Bodysuit Set - Banana, beli di sini

Bayi baru lahir membutuhkan pakaian sehari-hari dan pakaian tidur. Setidaknya, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli pakaian bayi sebagai kado untuk bayi baru lahir. Pertama, keamanan, pilihlah pakaian bayi terbuat dari bahan yang aman untuk kulit bayi yang masih sangat sensitif. Kedua, kenyamanan, pilihlah ukuran pakaian bayi berdasarkan tinggi dan berat badan karena bayi dengan usia yang sama mungkin memiliki ukuran tubuh yang berbeda. Ukuran pakaian bayi yang sesuai dengan ukuran tubuh akan membuat bayi leluasa untuk bergerak saat beraktivitas dan tidur setiap hari.

Ketiga, kepraktisan, pakaian bayi yang didesain dengan kancing bukaan dan resleting dua arah memudahkan untuk memakaikan dan melepaskan pakaian bayi ketika mengganti popok atau mengganti pakaian bayi yang basah dan kotor. Jika Anda sedang mencari rekomendasi merek pakaian bayi yang bagus, Kikido menyediakan koleksi pakaian bayi, mulai dari Sleepsuit, Bodysuit, hingga Jumpsuit dengan berbagai pilihan model, warna atau motif, dan ukuran.

2. Baby Nest

 

jual baby nest tempat tidur bayi kado unik

 

KIKIDO X AYLA Bambina Two Tone Baby Nest, beli di sini

Bayi baru lahir tidur sekitar selama 16,5 jam sehari pada umumnya. Secara khusus, bayi baru lahir tidur sekitar selama 8-9 jam pada siang hari dan sekitar selama 8 jam pada malam hari. Sayangnya, beberapa bayi cukup kesulitan memiliki pola dan durasi tidur yang stabil. Padahal, kualitas tidur itu penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Pemilihan tempat tidur yang berkualitas dapat mempengaruhi kualitas tidur. Kasur bayi atau ‘baby nest’ yang dirancang dengan bantalan pelindung yang mengelilinginya dapat membantu memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra. Jika Anda sedang mencari rekomendasi merek baby nest yang bagus, Kikido menyediakan koleksi “Bambina Baby Nest” dan “KIKIDO X AYLA Bambina Two Tone Baby Nest” yang dibuat dari material Katun Catra premium dengan berbagai pilihan warna.

3. Bantal dan Guling

 

jual bantal guling perlengkapan tidur bayi

 

Bambina Bedding Set, beli di sini

Bagi bayi berusia 1-2 tahun ke atas, bantal dan guling dapat membantu memberikan kenyamanan ekstra, sekaligus memudahkan untuk tertidur lelap. Jika Anda sedang mencari rekomendasi merek satu set bantal dan guling bayi yang bagus, Kikido menyediakan koleksi “Bambina Baby Pillow Set” dan “Bambina Bedding Set” yang dibuat dari material Katun Catra premium dengan berbagai pilihan warna.

4. Selimut

 

jual selimut bayi, baby blanket lembut kikido

 

KIKIDO X AYLA Boba Two Sides Blanket - Stars, beli di sini

Berbeda dari orang dewasa, bayi rentan terhadap suhu dingin. Penggunaan selimut pada bayi yang menginjak usia 1-2 tahun atau lebih dapat membantu menghangatkan tubuh sekaligus melindungi dari gigitan nyamuk atau serangga.

Jika Anda sedang mencari rekomendasi merek selimut bayi yang bagus, Kikido menghadirkan koleksi  “KIKIDO X AYLA Boba Two Sides Blanket - Stars” yang terbuat dari material Yelvo dan Minky dengan dua sisi permukaan yang berbeda. Gelembung-gelembung yang timbul pada salah satu permukaannya membantu melatih kemampuan sensorik, khususnya indra peraba.

5. CD Musik Pengantar Tidur

CD musik bayi

Musik pengantar tidur dengan genre tertentu, seperti klasik, jazz, trasisional, dan pop dapat membantu menormalkan tekanan darah dan detak jantung bayi, sekaligus memudahkan untuk tertidur lelap.

6. Peralatan Makan

 

jual perlengkapan makan bayi silicone feeding set

 

Kikido - Sookie Suction Glass & Snack Pea, beli di sini

Selain mempersiapkan menu MPASI yang bergizi, mamido dan papido juga harus mempersiapkan peralatan makan yang lengkap, seperti piring, mangkuk, sendok dan garpu, celemek, gelas, botol susu, dot, dan masih banyak lainnya. Sebelum membeli peralatan makan, Anda wajib memperhatikan materialnya yang bebas dari bahan bahan kimia berbahaya karena peralatan makan langsung bersentuhan dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Jika Anda sedang mencari rekomendasi merek peralatan makan bayi yang bagus, Kikido menyediakan koleksi peralatan makan, mulai dari piring, mangkuk, sendok dan garpu, celemek, gelas, hingga placemat yang dibuat dari material food grade silicone.

7. Teether

 

jual baby teether, mainan bayi lucu

 

KIKIDO X AYLA Bity Teether, beli di sini

Bagi bayi yang menginjak usia 4-6 bulan, mainan gigitan bayi atau yang disebut dengan ‘teether’ bermanfaat untuk membantu merangsang dan mempercepat pertumbuhan gigi, meredakan rasa gatal dan nyeri pada gusi karena gigi mulai bertumbuh, dan melatih kemampuan motorik halus, khususnya menggunakan otot kecil dalam menggenggam dan menggigit sesuatu.

Pilihlah teether yang dibuat dari material aman untuk dimasukkan ke dalam mulut bayi dan berukuran tidak terlalu kecil atau besar agar tidak membuat bayi tersedak. Jika sedang mencari rekomendasi merek teether bayi yang bagus, Kikido menyediakan koleksi “KIKIDO X AYLA Bity Teether” yang dibuat dari material food grade silicone dengan berbagai pilihan warna.

8. Sterilizer Botol Bayi

    baby bottle strilizer

    Kini, mamido dan papido tidak perlu repot-repot lagi menggunakan cara lama untuk mensterilkan botol bayi dan dot dengan merebusnya di dalam air mendidih. Sterilizer botol bayi bermanfaat untuk membantu mensterilkan botol bayi dan dot dari kuman dan bakteri penyebab penyakit, baik hanya dengan penguapan suhu tinggi maupun penyinaran sinar UV. Bahkan, beberapa sterilizer botol bayi memiliki fungsi tambahan, mulai dari mensterilkan peralatan bayi lainnya hingga menghangatkan susu, ASI beku, dan MPASI.

    9. Highchair

      baby highchair

      Selain peralatan makan bayi, kursi makan bayi atau ‘highchair’ mengajarkan tata cara makan yang benar secara mandiri sejak dini.

      10. Tas Perlengkapan Bayi

       

      jual tas baby, tas bayi unik premium

       

      KIKIDO X AYLA Cooler Bag Cream, beli di sini

      Mamido dan papido memang perlu membawa banyak perlengkapan bayi saat bepergian. Tentu saja, tas perlengkapan bayi berbeda dari tas pada umumnya. Tas perlengkapan bayi memiliki banyak kompartemen yang memudahkan untuk menyimpan dan mengambil perlengkapan bayi, seperti pakaian ganti, popok, botol bayi dan dot, mainan, dan masih banyak lagi lainnya.

      Jika sedang mencari rekomendasi merek tas perlengkapan bayi yang bagus, Kikido menyediakan koleksi “KIKIDO X AYLA Cooler Bag Cream” dengan adjustable strap untuk menyimpan ASI dan peralatan makan. 

      11. Mainan Edukasi

         

        jual baby toys, mainan edukasi, mainan bayi unik

         

        KIKIDO X AYLA Woody Asymmetric Toys, beli di sini

        Bermain menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari oleh si kecil. Siapa sangka, bermain penting untuk tumbuh kembang bayi. Beberapa mainan tidak hanya menghibur, tetapi juga mengedukasi, khususnya melatih kemampuan sensorik, motorik, dan kognitif.

        Pilihlah mainan edukasi yang dibuat dari material yang tidak terlalu berat, tidak tajam, dan tidak berbahaya apabila dimasukkan ke dalam mulut bayi; berwarna cerah untuk menarik perhatian bayi; dan sesuai dengan usia dan tahap perkembangan bayi.

        Jika Anda sedang mencari rekomendasi merek mainan edukasi bayi yang bagus, Kikido menyediakan koleksi “KIKIDO X AYLA Woody Toys” yang dibuat dari material Kayu Pinus, Natural Beeswax (FDA), dan Colour (waterbased, non-toxic, green label wood paint) dengan berbagai pilihan bentuk dan warna.

        12. Buku Cerita

          buku cerita baby, baby storybook

          Meskipun bayi belum bisa membaca, buku cerita dapat membantu bayi mengenali suara ayah dan ibu, sekaligus membangun ikatan yang kuat antara orang tua dan anak.

          13. Playmat

          baby playmat

          Alas bermain bayi atau yang disebut dengan ’playmat’ dapat membantu melatih kemampuan motorik, khususnya koordinasi mata dan tangan; kemampuan sensorik, khususnya indera penglihatan dan peraba; dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Playmat yang dirancang dengan warna, gambar, huruf, dan angka di atasnya tidak hanya menjadi tempat bermain, tetapi juga media edukasi bagi bayi.

          14. Bak Mandi

            bak mandi bayi

            Bak mandi dibutuhkan untuk memandikan bayi baru lahir. Pilihlah bak mandi dari segi kemudahan penggunaan dan penyimpanan bak mandi. Beberapa bak mandi di pasaran tersedia dalam berbagai pilihan model, seperti bak mandi lipat, berdiri, dan tiup. Bayi baru lahir belum kuat untuk menopang dirinya sendiri. Bak mandi yang memiliki fitur seat pad memudahkan untuk menopang bayi ketika memandikannya.

            15. Handuk

              handuk bayi, baby towel

              Handuk bermanfaat untuk membantu mengeringkan tubuh setelah mandi. Pilihlah handuk yang dibuat dari material yang aman dan nyaman untuk kulit bayi baru lahir yang masih sangat sensitif, serta mudah menyerap air.

              16. Perlak

                perlak bayi

                Perlak menjadi salah satu peralatan bayi serbaguna sebagai alas ompol agar urin atau feses tidak mengotori permukaan kasur dan sprei di atasnya, untuk mengurangi risiko ruam popok karena penggunaan popok terlalu sering, dan sebagai alas memakaikan pakaian setelah memandikan bayi atau mengganti popok.

                17. Sarung Tangan

                  sarung tangan bayi

                  Bayi baru lahir memiliki kebiasaan memegang wajah karena masih belum bisa mengontrol gerakan tangan sepenuhnya. Bagi bayi baru lahir yang menginjak usia di bawah 2 bulan, sarung tangan bermanfaat untuk membantu menghangatkan tangan, sekaligus mencegah bayi melukai dirinya sendiri karena garukan kuku.

                  18. Peralatan Manicure

                    peralatan manicure bayi

                    Kuku bayi baru lahir mengalami pertumbuhan yang cepat pada beberapa minggu pertama setelah kelahirannya. Kuku yang panjang perlu dipotong beberapa kali per minggu. Selain sarung tangan, peralatan manicure menjadi alternatif lainnya untuk menghindari bayi melukai dirinya sendiri karena garukan kuku. Peralatan manicure biasanya berisi gunting kuku dan kikir kuku untuk memotong dan menghaluskan ujung kuku. 

                    19. Produk Home Care

                       

                      produk home care bayiMungkin mamido dan papido pernah bertanya-tanya, apakah boleh mencuci pakaian dan peralatan makan si Kecil menggunakan cairan pencuci piring dan deterjen biasa? Jawabannya, produk home care biasa mengandung alergen ataupun bisa mengiritasi kulit bayi baru lahir yang masih sangat sensitif.

                      Untuk itu, ada beberapa inspirasi pilihan produk home care khusus bayi baru lahir, seperti deterjen, pelembut dan pewangi pakaian bayi untuk membersihkan, melembutkan, dan mengharumkan pakaian; cairan pembersih botol bayi, dot, dan peralatan bayi untuk membersihkan noda, sisa lemak susu, dan bau tidak sedap; dan masih banyak lagi lainnya.

                      Jangan lupa, sebelum membeli produk home care khusus untuk bayi baru lahir, pastikan produk itu memiliki label bebas bahan kimia berbahaya, food grade, tidak menimbulkan reaksi alergi (hypoallergenic), teruji secara dermatologis (dermatologically-tested), dan pH seimbang (pH-balanced). 

                      20. Produk Perawatan Rambut dan Kulit

                        sampo dan sabun bayi

                        Sama seperti produk home care, produk produk perawatan rambut dan kulit biasa mengandung alergen ataupun bisa mengiritasi kulit si kecil yang masih sangat sensitif. Untuk itu, ada beberapa inspirasi pilihan produk perawatan rambut dan kulit khusus bayi baru lahir, seperti sabun mandi, sampo, losion, krim popok, bedak, minyak telon, cologne, tisu basah, dan masih banyak lagi lainnya.

                        Paket produk perawatan rambut dan kulit untuk bayi baru lahir biasanya dijumpai dalam gift set atau gift box di supermarket, minimarket, dan toko peralatan dan perlengkapan bayi. Pastikan juga produk-produk tersebut memiliki label bebas bahan kimia berbahaya, tidak menimbulkan reaksi alergi (hypoallergenic), teruji secara dermatologis (dermatologically-tested), dan pH seimbang (pH-balanced).

                        21. Bantal Menyusui

                          bantal menyusui

                          Kegiatan menyusui bayi baru lahir hingga berjam-jam pasti terasa melelahkan bagi ibu. Penggunaan bantal menyusui dapat membantu memberikan kenyamanan ekstra bagi ibu dan bayi, membuat lengan ibu tidak cepat pegal, dan membuat bayi bisa menyusu tanpa khawatir tersedak.

                          22. Baby Monitor

                            baby monitor

                            Mamido dan papido mungkin merasa khawatir apabila harus meninggalkan si kecil sendirian di kamar tidur. Untuk itu, baby monitor sebagai kado untuk bayi baru lahir bermanfaat untuk memonitor keadaan bayi melalui suara ataupun pergerakan kaki dan tangan.

                            23. Gendongan

                              gendongan m shape

                              Gendongan bermanfaat untuk untuk menggendong bayi dan memudahkan untuk menjaga bayi tanpa harus meninggalkan aktivitas ringan yang sedang dilakukan oleh orang tua. Anda bisa menghadiahkan gendongan M Shape yang didesain sedemikian rupa sesuai dengan posisi alami bayi saat berada di dalam rahim.

                              24. Stroller

                                kereta dorong bayi, baby stroller

                                Kereta dorong bayi atau yang disebut dengan 'stroller' memudahkan untuk membawa bayi baru lahir saat bepergian. Beberapa stroller memiliki tempat untuk meletakkan barang bawaan agar tidak perlu repot-repot lagi menjinjing beban yang berat ke mana-mana.

                                25. Car Seat

                                  baby car seat

                                  Car seat penting untuk keselamatan bayi baru lahir saat berkendara. Car seat bermanfaat untuk membantu menahan tubuh agar tidak terjatuh dan terlempar karena guncangan dan benturan apabila kecelakaan terjadi. Bayi baru lahir wajib menggunakan car seat yang menghadap ke belakang untuk mengurangi risiko cedera dan kematian dengan melindungi bagian kepala, leher, dan tulang belakang.

                                  Berbagai Pilihan Hampers Kikido

                                  Kini, Anda tinggal memilih tempat yang tepat untuk membeli kado yang tepat. Jika Anda sedang mencari rekomendasi merek peralatan dan perlengkapan bayi yang berkualitas tinggi dengan harga cukup terjangkau, Kikido adalah jawabannya. Kikido merupakan toko peralatan dan perlengkapan bayi yang lengkap. Kami menyediakan berbagai pilihan hampers kado untuk bayi baru lahir berisi segala koleksi peralatan dan perlengkapan bayi, mulai dari pakaian, perlengkapan tidur, peralatan makan, mainan edukasi, hingga masih banyak lagi lainnya. Langsung saja klik Kikido

                                  Silakan klik di sini untuk melihat hampers kado untuk bayi baru lahir dan harganya!

                                  Back to blog

                                  Leave a comment

                                  Please note, comments need to be approved before they are published.