memilih kasur bayi yang aman

5 Panduan Mudah untuk Memilih Kasur Bayi yang Aman

Tahukah mamido dan papido? Memilih kasur bayi baru lahir yang aman dan nyaman itu sangat penting loh untuk tumbuh kembang si kecil. 

BAYI yang baru lahir atau ‘newborn baby’ menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur kira-kira selama 14-16 jam sehari. Mamido dan papido harus menciptakan lingkungan tidur yang baik dengan memilih perlengkapan tidur yang aman dan nyaman sesuai dengan kebutuhan si kecil, ya.

Jenis Kasur Bayi

Mungkin, mamido dan papido bertanya-tanya tentang apa saja jenis kasur bayi, dan apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak lima jenis kasur bayi yang paling umum berikut ini!

1. Kasur Foam

    Kasur busa atau 'foam' biasanya dibuat dari bahan poliuretan dengan ketebalan sekitar 10-15 centimeter yang cenderung ringan memudahkan untuk mengangkatnya ketika mamido dan papido mengganti seprai. The American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk menghindari kasur busa yang dibuat dari bahan memory foam. Kasur foam harus keras dan bisa mempertahankan bentuknya. Sementara itu, bahan memory foam memungkinkan adanya lekukan pada permukaan kasur bayi yang bisa membuat si kecil kehabisan napas. 

    Kelebihan

    • Cenderung ringan.
    • Harga terjangkau.

    Kekurangan

    • Kurang tahan lama daripada jenis kasur bayi lainnya.
    • Kurang bisa mempertahankan bentuknya dari waktu ke waktu.

    2. Kasur Innerspring

      Kasur pegas atau 'innerspring' memiliki gulungan baja di dalamnya dengan ketebalan sekitar 12-15 centimeter. Ketahanan kasur bayi bergantung pada beberapa faktor, termasuk seberapa sering penggunaannya dan bahan pembuatnya. Kasur innerspring bisa mempertahankan bentuknya dengan baik dari waktu ke waktu.

      Kelebihan

      • Menopang kepala, leher, dan punggung bayi dengan baik.
      • Mempertahankan bentuknya dengan baik dari waktu ke waktu.

      Kekurangan

      • Harga lebih mahal daripada kasur foam.
      • Cenderung berat.

      3. Kasur Pocketspring

        Hampir sama seperti kasur innerspring, kasur pocketspring memiliki pegas di setiap sakunya.

        4. Kasur Natural Fibre

          Kasur serat alami atau ‘natural fibre’ biasanya dibuat dari bahan serat alami yang seringkali bisa didaur ulang. Kasur natural fibre memiliki sirkulasi udara yang baik dan bisa menyerap kelembapan dengan baik untuk menjaga bayi tetap sejuk dan kering saat tidur pada malam hari. Sayangnya, hampir sama seperti banyak produk ramah lingkungan lainnya, harga kasur natural fibre lebih mahal daripada jenis kasur bayi lainnya.

          5. Baby Nest

            Pada beberapa bulan pertama, bayi yang baru lahir sedang membiasakan diri dengan lingkungan sekitarnya setelah ia berada di dalam rahim Ibu selama sembilan bulan. Kasur serut atau ‘baby nest’ menjadi salah satu pilihan jenis kasur bayi terbaik. Baby nest adalah kasur bayi berbentuk oval dengan bantalan pelindung yang mengelilinginya menyerupai rahim Ibu untuk membuat si Kecil merasa aman dan nyaman.

             

            kasur bayi kikido

             

            Bambina Baby Nest, beli di sini

            Baby nest bisa menyesuaikan ukurannya mengikuti ukuran tubuh si kecil dan memiliki seprai yang bisa dilepas dan dicuci dengan mudah. bobotnya yang ringan bisa dibawa saat bepergian kemana-mana. mamido dan papido bisa memindahkan baby nest di sekitar area rumah yang memudahkan untuk mengawasi si kecil setiap saat.

            Tips Memilih Kasur Bayi

            Pernahkah mamido dan papido mendengar istilah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)? SIDS adalah sindrom kematian mendadak pada bayi yang menginjak usia di bawah 1 tahun. SIDS juga dikenal sebagai ‘crib death’ dan ‘cot death’ (kematian di tempat tidur bayi) karena sindrom ini seringkali terjadi ketika bayi sedang tidur pada sebagian besar kasusnya.

            Meskipun penyebab pasti dari SIDS masih belum jelas, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko SIDS, mulai dari posisi tidur bayi yang miring atau tengkurap, kasur bayi yang tidak aman dan nyaman, hingga banyak barang di kasur bayi, seperti boneka, bantal dan guling, selimut, serta bumper pads yang membuat bayi kesulitan bernapas.

            Sebagai orang tua, mamido dan papido tentu saja tidak bisa selalu menemani si Kecil selama 24 jam. Keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas utama ketika Anda memilih kasur bayi. Simak lima tips memilih kasur bayi yang aman dan nyaman berikut ini!

            1. Usia Kasur Bayi Tidak Boleh Melebihi 10 Tahun

              Bagi sebagian orang tua, harga kasur bayi baru memang tidak murah. Mamido dan papido bisa saja menghemat budget dengan menggunakan kasur bayi ‘warisan’ dari saudara ataupun kenalan yang masih layak guna. Sebisa mungkin, jangan gunakan kasur bayi bekas, ya. Jika membeli ataupun menerima kasur bayi bekas, Anda tidak bisa mengetahui pasti bagaimana perawatan dan penyimpanannya.

              Kasur bayi bekas bisa menjadi tempat bertumbuhnya jamur dan berkembang biaknya bakteri penyebab penyakit, serta serta sarang tungau dan kutu kasur, terutama pada area yang pernah terkena keringat, air liur, ataupun kebocoran popok. Terlebih, usia kasur bayi bekas yang melebihi 10 tahun sudah mengalami banyak perubahan, seperti matras yang terlalu empuk, bahkan cekung di bagian tengahnya ataupun bingkai boks bayi yang lapuk.

              2. Bahan

                Berbeda dari kulit orang dewasa, kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif. mamido dan papido harus memilih kasur bayi yang bebas bahan-bahan kimia yang membahayakan bayi dan menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Kasur organik bisa menjadi salah satu pilihan kasur bayi yang aman. Kasur organik mengandung bahan kimia yang lebih rendah daripada jenis kasur bayi lainnya. Periksa label sertifikasi Global Organic Textile Standard (GOTS) dan Global Organic Latex Standard (GOLS) yang menjamin kasur bayi mengandung lebih dari 70 persen serat organik.

                3. Ukuran

                  Mamido dan papido harus memilih kasur bayi yang memenuhi standar keamanan dari negara masing-masing. Misalnya, matras bayi biasanya ditemukan dalam ukuran standar dan mini, bahkan dalam beberapa bentuk, seperti lingkaran dan oval. The United States Consumer Product Safety Improvement Act (CPSIA) tahun 2008 menetapkan bahwa ukuran standar sebesar 68,58 kali 129,54 centimeter, sedangkan ukuran mini sebesar 60,96 kali 96,52 centimeter. Ukuran standar menjadi pilihan yang paling populer karena ukurannya yang besar bisa memuat bayi yang menginjak usia 2 tahun. 

                  Mamido dan papido bisa membeli ukuran matras bayi dan boks bayi manapun sesuai dengan gaya dan ukuran kamar tidur bayi, baik yang dijual secara terpisah maupun bersamaan dari merek toko peralatan dan perlengkapan bayi. Pastikan matras bayi pas dengan boks bayi dan tidak boleh ada celah yang melebihi dua jari. Ketebalan matras tidak boleh melebihi 15 centimeter. Matras yang lebih tebal berarti lebih tinggi, sehingga si kecil bisa terjatuh dari sisi boks bayi apabila kehilangan keseimbangan saat berdiri.

                  Jarak antar bilah pagar boks bayi tidak boleh melebihi 6 centimeter (kira-kira selebar kaleng soda) untuk mengurangi risiko bagian tubuh si kecil terjepit di antara sela-sela ruang yang ada. Tinggi pagar boks bayi minimal 66 centimeter. Sebisa mungkin, pagar boks bayi tidak memiliki pintu yang bisa terbuka tanpa sengaja.

                  4. Permukaan Kasur Bayi yang Rata dan Keras

                    Ternyata, kasur yang rata dan keras itu lebih aman untuk si kecil daripada kasur yang terlalu empuk. Kasur yang terlalu empuk justru bisa membuat si kecil kehabisan napas karena ia ‘terbenam’ di dalamnya, sekaligus meningkatkan risiko SIDS. Kasur yang rata dan keras penting untuk perkembangan kemampuan fisik, khususnya kekuatan otot si kecil. Semakin usia si kecil bertambah, semakin aktif pula dirinya.

                    Si kecil membutuhkan permukaan kasur yang stabil untuk memberikan ketahanan terhadap gerakan ketika ia mulai belajar berguling, ‘push up’, dan berdiri di kasur bayi pada akhirnya. Lalu, bagaimana cara mamido dan papido memeriksa permukaan kasur yang rata dan keras? Cobalah menekan bagian tengah dan samping kasur bayi dengan sekuat tenaga. Permukaan kasur harus langsung kembali ke bentuk seperti semula ketika Anda berhenti menekannya.

                    5. Multifungsi

                      Meskipun usia si kecil semakin bertambah, mamido dan papido masih bisa menggunakan kasur bayi yang multifungsi untuk jangka waktu yang lebih lama. Kasur bayi yang multifungsi memberikan fungsi 3 in 1 sebagai tempat tidur, sofa, dan alas bermain si Kecil. Bahkan, beberapa kasur bayi yang multifungsi dilengkapi dengan net anti nyamuk (kelambu) atau ‘mosquito net’ untuk membuat si kecil merasa aman dan nyaman dengan melindunginya dari gigitan serangga dan nyamuk.

                      kasur bayi kikido

                      Bambina Bedding Set, beli di sini

                      Itulah lima tips memilih kasur bayi yang aman dan nyaman untuk si Kecil. Mamido dan papido bisa mengikutinya dengan mudah, bukan? Selain memilih kasur bayi yang aman dan nyaman, setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda ingat yang tidak kalah pentingnya untuk menurunkan risiko SIDS. Pertama, jangan meletakkan banyak barang di kasur bayi, seperti boneka, bantal dan guling, selimut, serta bumper pads. Kedua, memeriksa posisi tidur si kecil yang terlentang secara berkala. Ketiga, jangan menempatkan kasur bayi di dekat pintu dan jendela.

                      Kasur Bayi Kikido

                      Jika mamido dan papido sedang mencari rekomendasi merek kasur bayi yang aman dan nyaman untuk si Kecil, KIKIDO adalah jawabannya. Sejauh ini, KIKIDO sudah menghadirkan tiga kasur bayi set, yaitu “Bambina Baby Nest”, “KIKIDO X AYLA Bambina Two Tone Baby Nest”, dan “Bambina Bedding Set” dengan rentang harga kasur bayi yang cukup terjangkau.

                       

                      kasur bayi kikido

                       

                      KIKIDO X AYLA Bambina Two Tone Baby Nest, beli di sini

                      Koleksi baby nest dari KIKIDO memiliki keunggulan: 

                      • Material katun Catra premium yang lembut, adem, dan mudah menyerap keringat.
                      • Handle di sisi kanan dan kiri memudahkan untuk membawanya bepergian. 
                      • Model dan warna yang cocok untuk bayi laki-laki dan perempuan.
                      Dapatkan koleksi perlengkapan tidur bayi, mulai dari baby nest, bantal dan guling, hingga selimut dari KIKIDObaby.com sekarang juga!
                      Back to blog

                      Leave a comment

                      Please note, comments need to be approved before they are published.